Mengapa diperlukan business intelligent?

Seiring perkembangan jaman yang semakin maju di era informasi, komputer sudah menjadi tulang punggung pada setiap organisasi atau usaha (bisnis). Peran komputer ada pada bagian – bagian dalam organisasi/lembaga tersebut :

  • Proses pemesanan
  • Buku besar
  • Sistem inventaris
  • Rekening sistem
  • Pengecekan akunt
  • Dll

Lingkungan organisasi atau usaha perkembangannya sangat dinamis. Itulah yang mengakibatkan persaingan semakin ketat. Pemasaran, konsumen bahkan organisasi sendiri sangat perlu diperhatikan.Hal-hal tersebut yang mempengaruhi mengapa organisasi harus pintar beradaptasi dengan setiap kondisi dan situasi. Keputusan yang strategis sangatlah dibutuhkan agar organisasi / perusahaan tidak merugi.

Contoh-contoh produk yang menggunakan keputusan strategis :

  • Market positioning & branding
    • Nokia, Samsung
    • Partnership : Strategic Alliance & Outsourcing
      • ATM bersama
      • Business process reengineering
        • Just in Time Production, Supply Chain Manajement
        • Direct marketing
          • Body shop

Keputusan strategis sangat diperlukan untuk berbagai bidang :

–          Retail : Customer Loyalty, Market Planning

–          Financial : Risk Management, Fraud Detection

–          Airline : Route Profitability

–          Manufacturing : Cost Reduction, LogisticManagement

–          Utilities : Asset Management, ResourceManagement

–          Government : Manpower planning, Cost Control

Kegunaan dari keputusan – keputusan yang strategis ada bermacam – macam. Misalnya saja organisasi perusahaan ingin mempertahankan pelanggannya. Contoh kasusnya adalah perusahaan “X” yang bergerak di bidang minuman ingin mempertahankan jumlah pelanggannya dan bahkan menaikkan jumlah pelanggan. Jikalau perusahaan “X” itu tidak melakukan apa-apa maka yang terjadi adalah kehilangan pelanggan. Hal tersebut bisa disebabkan karena munculnya banyak pesaing dalam usahanya, kebosanan pelanggan, dll. Keputusan strategis berguna untuk mencegah atau mengatasi hal itu.

Adanya sasaran bisnis yang akan dicapai juga membutuhkan keputusan yang strategis. Contohnya perusahaan ingin membuat tiga produk baru dalam tiga tahun mendatang. Suatu perguruan tinggi ingin meningkatkan jumlah mahasiswa barunya sebesar 50 % pada kurun waktu tertentu. Dan contoh lainnya yaitu suatu perusahan akan menaikkan market share 10 % pada tiga tahun mendatang.

Keputusan bisnis yang strategis membutuhkan informasi – informasi yang benar. Informasi yang benar yaitu informasi yang akurat, mudah diakses, baik untuk dianalisis, data informasi dalam kurun waktu tertentu dan lain sebagainya.

Keputusan yang strategis memanglah tidak mudah. Banyak permasalahan yang dapat menghambat pembuatan keputusan yang strategis, antara lain :

  • Sistem Informasi operasional tidak mampu menyediakan informasi pendukung keputusan secara efisien. Artinya keputusan tidak bisa diambil bila informasi bersifat transaksional, divisional dan data tidak menyimpan kronologis.
  • Kebutuhan informasi untuk analisis bersifat memberatkan.
    • Siklus iterasi permintaan – pengolahan – pelaporan dapat memakan waktu mingguan
    • Sistem transaksional tidak dirancang untuk pertanyaan yang rumit yang melibatkan banyak data
    • Proses dapat menghambat kinerja sistem operasional.

Business Intelligent adalah proses-proses, alat-alat bantu, dan teknologi untuk mengubah data menjadi informasi daninformasi menjadi pemahaman serta rencanauntuk menggerakkan aktivitas bisnis yang efektif(The Data Warehouse Institute).

Business Intelligent is the next major use of computers, centeredaround the gathering, organizing, managing,

and analyzing of information (IBM).

Tinggalkan komentar