Cara Menggunakan VLOOKUP pada Excel 2007, 2010, 2013

Berikut adalah cara menggunakan VLOOKUP untuk mendapatkan data sesuai dengan kriteria yang ada.

  1. Saya menggunakan contoh data berikut:

Table 1

1

Table 2

2

  1. Pada Table 2 saya membutuhkan informasi Nama Barang yang harus diambil pada Table 1.
  2. Cara untuk mengambil data Nama Barang dari Table 1 yaitu tentukan kolom yang akan dijadikan sebagai kunci. Pada contoh ini kolom kuncinya adalah Kode Barang, karena dengan Kode Barang kita bisa mengetahui Nama Barang.
  3. Ok, kita gunakan fungsi VLOOKUP pada excel untuk mengambil Nama Barang di Table 2 dari Table 1. Table 1 dan Table 2 ini bisa beda file excel atau dalam satu file excel, bisa dikondisikan dalam VLOOKUP.
  4. Caranya, pada table 2 tambahkan kolom Nama Barang dan tuliskan fungsi =VLOOKUP(B3;Sheet2!A3:C19;2;0)

B3 adalah kolom kunci pada table 2 yang menjadi acuan untuk mendapatkan Nama Barang pada table 1

Sheet2! adalah nama sheet yang kita blok atau blok Table 1 maka akan muncul sheet tujuan

$A$3:$C$19 adalah data Table 1 yang kita blok, menambah tanda $ (tekan F4) agar table acuan terkunci

2 adalah Nama Barang berada diurutan ke 2 dari Kode Barang (Kolom Kunci)

3

  1. Maka Data yang tampil sebagai berikut:

4

Terima Kasih 🙂

Satu tanggapan

  1. […] Bagaimana cara memakai rumus vlookup pada Ms Excel? klik disini […]

Tinggalkan komentar