Jenis Kopi di Indonesia yang Menggoda

Jika anda adalah pecinta kopi pasti sudah familiar dengan berbagai jenis kopi baik kopi mancanegara maupun kopi lokal Indonesia. Indonesia yang memiliki berbagai ragam daerah dan pulau tentunya memiliki jenis kopi yang beragam.

peta-kopi-bajawa2

Berikut adalah jenis kopi yang terkenal di nusantara Indonesia:

  1. Kopi Toraja

Kopi toraja merupakan kopi yang berasal dari tanah Toraja. Kopi Toraja memiliki rasa yang kuat, kecut sekaligus pahit. Meskipun rasa kopi yang cenderung masam, kopi ini memiliki aroma yang khas.

Kopi Toraja

  1. Kopi Sumatera

Salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia adalah daerah sumatera. Kopi Sumatera selain terkenal di wilayah Indonesia, popular juga di mancanegara. Kopi Sumetera yang paling terkenal yaitu kopi Sidikalang, Lintong, dan Mandheling.

Kopi Sumatera blog

Kopi Sumatera memiliki cita rasa yang unik dengan aroma rempah dan earthy. Selain itu, teksturnya halus dan berbau tajam.

  1. Kopi Flores Bajawa

Kopi ini tumbuh di di dataran flores. Masyarakat Bajawa telah mebudayakan kopi arabika secara turun temurun. Sebagian besar kopi dari kawasan ini jika disangrai pada tingjat sedang ( medium roasting) secara umum memiliki komponen – komponen cita rasa utama: bau kopi bubuk kering (fragrance) an bau kopi seduhan (aroma) kuat bernuansa bau bunga (floral), perisa (flavor) enak dan kuat, kekentalan (body) sedang sampai kental, keasaman (acidity) sedang, serta kesan rasa manis (sweetness) kuat. (dari kompasiana.com)

Kopi Flores Bajawa

Pengolahan kopi ini dilakukan secara basah. Kopi arabika flores bajava dinilai memiliki cita rasa yang khas yaitu rasa madu.

  1. Kopi Aceh Gayo

Kopo Gayo dihasilkan dari perkebunan rakyat di dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah. Kopi ditanam dengan cara organik tanpa bahan kimia.

Kopi Aceh Gayo

Dua jenis kopi Gayo yang terkenal yaitu Kopi Gayo (Arabika) dan kopi Ulee Kareeng (Robusta). Kopi Gayo memiliki rasa dan aroma yang sangat khas yaitu rasa gurih hamper tidak pahit, aroma kopi yang harum.

Tinggalkan komentar