Nikmati Sunset di Pantai Widarapayung dan Cicipi Rempeyek Yutuk

Pantai Widarapayung yang terletak di desa Widarapayung Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berlibur selain pantai-pantai di Cilacap lainnya. Selain melihat pasir hitamnya, dari pantai ini kita dapat melihat lautan lepas. Pantai ini cukup teduh karena jajaran pohon kelapa berdiri di sepanjang pantai. Selain pantai yang teduh, kita bisa melihat sunset langsung jika cuaca sedang cerah.

Jpeg

Jpeg

Pantai Widarapayung

Nikmati sunset di pantai ini dan tetap perhatikan keselamatan anda karena pantai Widarapayung merupakan pantai selatan jawa yang notabene memiliki ombak besar.

Widarapayung

Pantai Widarapayung memiliki fasilitas kolam renang yang dapat dimanfaatkan oleh keluarga yang membawa serta anak-anaknya. Selain itu tersedia juga toilet dan warung makan yang melengkapi kebutuhan anda ketika berlibur. Warung makan menyediakan berbagai macam makanan mulai dari Bakso, Mie Ayam, Seafood, Ayam, Dsb.

Jika datang ke pantai ini, anda dapat mencoba makanan khasnya yaitu peyek Yutuk atau orang sana biasa menyebut Rempeyek Yutuk. Peyek Yutuk merupakan makanan khas di pesisir pantai selatan Jawa Tengah. Yutuk adalah undur-undur bercangkang yang hidup di pantai dan terlihat memiliki kesamaan dengan kepiting. Menurut informasi, hewan ini memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga anda tidak perlu kuatir untuk mengkonsumsinya. Peyek Yutuk ini rasanya gurih dan crispy, tidak ada rasa amis ketika sudah jadi rempeyek.

ppeyek

Nah, sebenernya pantai ini gampang diakses atau aksesnya susah? Jawabannya adalah mudah. Pantai ini memiliki lahan parkir yang luas baik untuk kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Jadi anda tidak perlu takut. Jalan menuju pantai ini cukup bagus diakses oleh kendaraan besar maupun kecil, tidak ada jalan yang curam atau naik turun. Patokan untuk menuju pantai Widarapayung, anda bisa menuju daerah Kroya terlebih dahulu dan ikuti petunjuk yang ada. Selain dari Kroya, bisa juga dari Buntu lalu ikuti petunjuk yang ada. Akan saya jelaskan jalur menuju ke pantai ini dari perempatan Buntu, dari perempatan Buntu lajukan kendaraan anda ke arah timur atau arah Jogja kemudian kira-kira 200 meter temukan Jalan ke kanan (selatan) dan ikuti jalan tersebut atau lurus saja. Anda akan melewati rel kereta dan beberapa persimpangan tetapi tetap lurus saja, lurus dengan mengikuti arah jalan. Nanti akan ada plangnya Pantai Widayapayung. Baiknya anda bisa gunakan tools aplikasi Google Maps atau Waze untuk mempermudah.

Selain Pantai Widarapayung, jawa tengah punya pantai indah lainnya. Seperti Pantai Logending dan Menganti di kabupaten Kebumen serta Pantai Pedalen yang tak kalah indahnya. Kalau mau mampir ke Dieng, silakan kunjungi wisata Dieng.

Peta Pantai Widarapayung

Satu tanggapan

  1. […] Makanan khas di Pantai Ayah ini yang bisa menjadi oleh-oleh adalah Rempeyek Yuthuk yang merupakan peyek khas pesisir selatan di Jawa Tengah. Peyek Yutuk ini seperti apa, coba klik disini. […]

Tinggalkan komentar